PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG (Skripsi)

Yahisin, Yahisin (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Yahisin_TarPai.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Iman Kepada Hari Akhir Mata Pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 19 Palembang”. Persoalan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, khususnya tekhnologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi pembelajaran. melalui kemajuan tersebut para guru harus dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran saja, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi iman kepada hari akhir mata pelajaran PAI kelas IX (sembilan) di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi iman kepada hari akhir mata pelajaran PAI kelas IX (sembilan) di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa kelas IX. Sampel penelitian diperoleh dengan metode cluster sampling, kemudian sampel yang digunakan sebanyak 39 siswa kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan 39 siswa kelas IX 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisa data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, menunjukan bahwa hasil pre-test dan post-test pada kelompok eskperimen maupun kontrol berdistribusi normal, karena harga Km terletak antara -1 dan +1 dalam selang (-1< Km < +1). Setelah dilakukan uji homogenitas pada hasil pre-test dan post-test pada kelompok eskperimen maupun kontrol menunjukan bahwa data homogen, Data dikatakan homogen jika nilai Fhitung memiliki signifikansi lebih besar dari taraf kesalahan 5% atau 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan dengan rumus uji-t pada soal post-test diperoleh thitung sebesar 3,437 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk=(n1+n2)-2 dengan taraf signifikan 5% yaitu sebesar 1,992. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung > ttabel atau 3,437 > 1,992. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran multimedia berpengaruh terhadap hasil siswa pada materi iman kepada hari akhir mata pelajaran PAI kelas IX SMP Negeri 19 Palembang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mengajar dengan menggunakan media pembelajaran multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi iman kepada hari akhir mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 19 Palembang dengan hasil perhitungan thitung > ttabel atau 3,437 > 1,992.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, tekhnologi, Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 02 May 2016 08:21
Last Modified: 02 May 2016 08:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item