MENANAMKAN NILAI-NILAI AKIDAH PADA ANAK DALAM KELUARGA (Skripsi)

Apriyani, Dwi Latifah (2016) MENANAMKAN NILAI-NILAI AKIDAH PADA ANAK DALAM KELUARGA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi pada akhir-akhir ini sering kita dengar istilah kekerasan (violence), dan pelecehan (harashmence) yang dilakukan oleh anak-anak. Hal ini menyadarkan kita terdapatnya perilaku-prilaku yang menyimpang dari keyakinan. Kemerosotan moral anak sangat jelas pada saat ini. Melalui pendidikan akidah anak yang dilakukan oleh keluarga dengan menanamkan nilai-nilai akidah, maka anak akan dapat terhindar dari pengaruh negative dan pelaku tindak kejahatan. Pokok masalah meliputi urgensi menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dalam keluarga dan bagaimana menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dalam keluarga dengan batasan masalah anak usia 6-12 tahun atau usia anak sekolah dasar. Tujuan penelitian meliputi, untuk mengetahui pentingnya menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dalam keluarga serta mengetahui metode apa saja yang dapat digunakan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai akidah pada anak. Jenis penelitian merupakan penelitian kepustakaan (Library reserch) yaitu, penelitian yang kajiannya dilakuakan dengan menelusuri dan menelaah literatur atau sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Adapun jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa literatut dari berbagai ahli. Sumbere data dalam penelitian ini adalah sumber sekunder. Sumber data sekunder adalah data yang berasal dari buku-buku literature yang memuat informasi data terkait dengan permasalahan ini. Dalam menganalisa data yang diperoleh dan sebagai usaha untuk menarik kesimpulan, maka data yang terkumpul akan dianalisa dengan menggunakan analisa deskritif kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan bahwa urgensi menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dikarenakan nilai-nilai akidah sangat berpengaruh terhadap keyakinan (keimanan) anak. Karena akidah merupakan pondasi awal dan hal yang fundamental dalam mendidik keagamaan anak sebelum memberikan pendidikan ibadah dan pendidikan lainnya. Nilai-nilai akidah mengandung pengertian rukun iman yang dapat diimplementasikan melalui sikap dan perilaku sehari-hari. Dengan demikian anak akan terhindar dari perilaku yang tidak dibenarkan oleh agama dengan arahan dari orang tua yang merupakan lembaga pendidikan utama bagi anak. Menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dapat dilakukan dengan metode Kasih Sayang, metode dialog Qur’ani dan Nabawi, metode Kisah, metode Ibrah, metode Keteladanan, metode Pembiasaan, metode Memberi Nasihat, metode Perumpamaan, metode Motivasi dan Intimidasi, serta metode doa. Metode ini saling berkaitan saat telah menggunakan satu metode, metode lainnya dapat digunakan sebagai pelengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perilaku menyimpang, moral anak, tindak kejahatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 02:49
Last Modified: 03 May 2016 02:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item