Rahim, Mauli Mustika (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ONE TO ONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT DI KELAS VII SMP PGRI 11 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Setiap lembaga pendidikan, di dalamnya terdapat kegiatan belajar-mengajar antara guru dan para siswa. Guru harus mampu menerapkan perannya dalam mengajar, karena pengaruhnya sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat sebelum diterapkannya model pembelajaran One To One di SMP PGRI 11 Palembang, Kedua, bagaimana mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat sesudah diterapkannya model pembelajaran One To One di SMP PGRI 11 Palembang, Ketiga, Adakah pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran One To One terhadap hasil belajar siswa di SMP PGRI 11 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran One To One pada mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat di SMP PGRI 11 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, adapun sampling dalam penelitian ini sebanyak 111 orang, 55 orang kelas eksperimen dan 56 orang kelas kontrol. Untuk mendapatkan data, penulis melakukan eksperimen pada kelas eksperimen dengan memberikan tes. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus test “t”. Hasil dari penelitian yaitu, Pertama, penerapan model One To One dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat tersebut antara lain siswa berpartisipasi dan menyalurkan inspirasi dalam berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran, sementara guru menjadi fasilitator, dan dapat membangkitkan minat siswa ketika proses pembelajaran. Kedua, hasil belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran One To One pada mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat di SMP PGRI 11 Palembang meningkat dari sebelumnya, karena sebelumnya hasil belajar siswa masih belum mencapai standar ketuntasan minimum. Ketiga, penerapan model One To One mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada t0 adalah jauh lebih besar dari pada “t” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (1,98< 4,512 > 2,63). Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran One To One dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari partisipasi siswa yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa yang meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran One To One pada mata pelajaran PAI materi iman kepada malaikat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | One To One, model pembelajaran, iman kepada malaikat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:52 |
Last Modified: | 03 May 2016 03:52 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/464 |
Actions (login required)
View Item |