UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MENGGUNAKAN METODE NUMERED HEADS TOGETHER (Skripsi)

Hamzah, Amir (2016) UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MENGGUNAKAN METODE NUMERED HEADS TOGETHER (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Amir Hamzah_Tarbiyah.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Metode Number Heads Together adalah salah satu metode cooperative learning penomoran dimana setiap siswa diberi nomor yang nantinya akan diberikan pertanyaan-pertanyaan oleh guru, dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Number Heads Together semua siswa terlibat aktif dan semua siswa diberi kesempatan yang sama. Metode Number Heads Together dapat dijadikan metode alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah dengan menerapkan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang? Tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang dengan menggunakan metode Numbered Heads Together. Adapun Penelitian ini berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang yang terletak di Jalan Lebak Murni Rt. 31 A Kelurahan Baru Sako Kecamatan Sako Kota Palembang Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari, April dan Mei tahun 2015 pada semester genap. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Pada PraSiklus didapat data yang belum menjawab evaluasi permasalahan sosial dengan baik dan benar sebanyak 5 orang (25%) dan yang belum tuntas sebanyak 15 orang (75%). Sedangkan pada Siklus I setelah digunakan metode ceramah dan tanya jawab siswa dapat menjawab evaluasi permasalahan sosial meningkat sebanyak 14 orang (70%) yang tuntas dan 6 orang (30%) siswa yang tidak tuntas. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang belum memahami dan mengerti materi yang dijelaskan guru. Oleh karena itu perbaikan pembelajaran dilanjutkan pada Siklus II. Pada Siklus II guru menjelaskan materi pembelajaran disertai dengan metode Numbered Heads Together. Pada Siklus II ini siswa yang dapat menjawab evaluasi permasalahan sosial kembali meningkat menjadi 19 (95%) orang yang tuntas dan 1 orang (5%) siswa yang belum tuntas. Nilai rata-rata hasil belajar siswa Prasiklus adalah 55, nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 35. Nilai rata-rata hasil belajar siswa Siklus I adalah 69,75, Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. Nilai rata-rata hasil belajar siswa Siklus II adalah 83, nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Number Heads Together, cooperative learning, meningkatkan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 04:45
Last Modified: 03 May 2016 04:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item