PENERAPAN METODE SILENT DEMONSTRATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH MATERI HAJI KELAS VIII DI MTS NURUL HILAL SENURO KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR (Skripsi)

Lamiani, Lamiani (2016) PENERAPAN METODE SILENT DEMONSTRATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH MATERI HAJI KELAS VIII DI MTS NURUL HILAL SENURO KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Keberhasilan proses pendidikan dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Jika guru menggunakan metode pembelajaran dengan tepat, menarik dan praktis maka berkemungkinan berhasil dalam mencapai proses pembelajaran akan lebih besar. Tetapi sebaliknya apabila guru melaksanakan proses pembelajaran menggunakan metode yang tidak tepat, tidak menarik apalagi tidak menggunakan metode maka dapat dipastikan keberhasilannya kecil bahkan mungkin tidak berhasil sama sekali. Untuk itu penggunaan metode yang tepat sangatlah penting. Metode merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode silent demonstration. Silent demostration merupakan metode yang tepat digunakan manakala mengajarkan prosedur setahap-tahap. Dengan memperagakan sebuah prosedur tanpa banyak bicara, akan mendorong siswa untuk cermat secara mental. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menjawab analisis uji T. Sedangkan responden penelitian adalah keseluruhan kelas VIII yakni kelas VIII a berjumlah 33 orang (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII b berjumlah 33 orang (sebagai kelas eksperimen). Jumlah siswa jadi 66 orang. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar menggunakan metode Silent demostration pada materi Haji kelas VIII di MTs Nurul Hilal Senuro dan tidak menggunakan metode silent demonstration pada materi Haji kelas VIII di MTs Nurul Hilal Senuro. Dan hasil eksperimen yang didapat peneliti sebagai berikut: pertama; hasil pre test yang di dapat adalah t0 = -0,498, Karena t0 = -0,498 lebih kecil dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1 %), maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternative ditolak. Berarti antara pre-test kelompok eksperimen dan pre-test kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kedua; dan hasil post test di dapat t0 = 5,612, Karena t0 = 5,612 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1 %), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima. Berarti antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran silent demonstration memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqh materi Haji kelas VIII di MTs Nurul Hilal Senuro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 07:42
Last Modified: 03 May 2016 07:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item