PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG (Skripsi)

Sabatini, Nurlaila (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pertama. Bagaimana hasil belajar siswa kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang, Kedua. Bagaimana hasil belajar siswa kelas yang tidak diterapakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang, Ketiga. Adakah peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan dan yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan design Pretest Posttest Control Group Design dengan jenis data yang di gunakan adalah jenis data kuantitatif, serta menggunakan sumber data primer dan sekunder, data primer yaitu Siswa, Guru, Kepala Sekolah di SMA Negeri 5 Palembang, sedangkan data sekunder yaitu buku-buku dan semua aspek yang menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh kelas XI yang terdiri dari 233 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara Claster Sampling. Dalam penelitian ini dipilih secara acak dan kelas yang telah terpilih ada 2 kelas yaitu XI MIA1 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw (XI MIA1) yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi (91 keatas) diperoleh 12 orang siswa dengan persentase 48% , sedang (73-91) diperoleh 13 orang dengan persentase 22%. Hasil belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw (XI MIA3) yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi ( 86 keatas) diperoleh 2 orang siswa dengan persentase 8% , sedang (75-86) diperoleh 23 orang dengan persentase 92% . Terdapat peningkatan yang signifikan antara kelas yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw. Hal ini dapat dilihat dari uji kesamaan dua rata-rata sebelum diberikan perlakuan “t0“ = 0,736 karena thitung lebih kecil dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% (2,000) dan 1% (2,660), maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Sedangkan uji hipotesis (setelah diberi perlakuan) berdasarkan perbandian menunjukan bahwa dengan diperoleh thitung = 4,389 karena thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5 % (2,000) dan 1 % (2,660), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw memberikan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: tipe Quick On The Draw, model pembelajaran, Claster Sampling.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 May 2016 08:44
Last Modified: 03 May 2016 08:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item