PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ADABIYAH PALEMBANG (Skripsi)

Rizky, Sri Wahyu (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ADABIYAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Wahyu Sri Rizky_TarMat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Snowball Throwing melalui pendekatan kontekstual adalah model pembelajaran dimana dengan pendekatan kontekstual guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, sehingga melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Lemparan pertanyaan menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas lalu dilempar-lemparkan kepada siswa lain. Siswa yang mendapat bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Adabiyah Palembang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan model Snowball Throwing melalui pendekatan kontekstual. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa, sampel penelitian ini adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data tes menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing melalui pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Adabiyah Palembang. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,3 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 74,9. Selain itu, dapat dilihat juga dari uji hipotesis dengan uji t, diperoleh thitung = 2,948 sedangkan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel, dengan α = 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 May 2016 04:35
Last Modified: 04 May 2016 04:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item