PENERAPAN METODE KERJASAMA MEMBACA DAN MENULIS TERPADU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDA’IYAH TELUK JAYA (Skripsi)

Yamariza, Eka (2016) PENERAPAN METODE KERJASAMA MEMBACA DAN MENULIS TERPADU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDA’IYAH TELUK JAYA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
EKA YAMARIZA_TarPGMI.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: “Penerapan Metode Kerjasama Membaca dan Menulis Terpadu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Teluk Jaya”. Penulis ingin melakukan penelitian ini berdasarkan observasi awal peneliti di MI Teluk Jaya masih banyak ditemukan hasil belajar siswa yang rendah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode Kerjasama Membaca dan Menulis Terpadu pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Teluk Jaya. Apakah penerapan metode Kerjasama Membaca dan Menulis Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Teluk Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Kerjasama Membaca dan Menulis Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 19 siswa .Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan tes “t” atau uji “t” untuk 1 sampel kecil yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 6.80) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel Nihil t (tt 5% = 2,10 dan tt 1% = 2.88) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu: 2.10 < 6.80> 2.8. Karena to lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% maka hipotesis nihil yang diajukan di depan ditolak, ini berarti dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kelas sebelum di terapkan dengan skor kelas yang sudah diterapkan metode pembelajaran CIRC. Perbedaan ini mengatakan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab yang diajarkan dengan menggunakan metode Kerjasama Membaca dan Menulis Terpadu di kelas IV MI Teluk Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Meningkatkan Hasil Belajar, observasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 May 2016 08:42
Last Modified: 04 May 2016 08:42
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item