PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG (Skripsi)

Sari, Elpita (2016) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Elpita Sari_TarPGMI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

menunjukkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran berlangsung yaitu siswa kurang aktif, siswa mudah bosan terhadap metode yang sering digunakan, dan rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan sumber belajar yang terbatas sehingga membuat siswa menjadi mudah bosan untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui penggunaan metode brainstorming di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang dengan judul “Penerapan Metode Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode brainstorming dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Adapun populasi dan sampel penelitian adalah berjumlah 50 di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Teknik pengumpulan data, yaitu: tes, wawancara dan dokumentasi. Tes adalah salah satu alat evaluasi untuk menggali informasi tentang sejauhmana penguasaan anak terhadap suatu materi. Wawancara untuk mengetahui informasi tentang hasil belajar siswa kelas IV sebelumnya sebagai latar belakang dari penelitian. Dokumentasi digunakan peneliti untuk mendapatkan data-data baik secara tertulis maupun gambar. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang berjumlah 24 terdapat 19 siswa yang tuntas dan 5 siswa belum tuntas dengan nilai rata-ratanya yaitu 75 dan termasuk nilai kategori sedang yaitu antara skor 65 dan 85 ada 15 dari 24 keseluruhan siswa dengan persentase 62,5 %. Penerapan metode brainstorming dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang dibuktikan dengang perhitungan tes “t” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain tidak berhubungan. Hipotesa alternatif diterima atau disetujui dengan perincian to lebih besar dari tt, baik pada taraf signifikan 1 % maupun pada taraf signifikan 5 %, dengan perincian 2,02 < 3,57 > 2,69

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: brainstorming, Meningkatkan Hasil Belajar, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 May 2016 07:31
Last Modified: 09 May 2016 07:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item