Mirwansyah, Mirwansyah (2016) PENERAPAN METODE KANCING GEMERINCING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB MELALUI MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DI MIN I TELADAN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Kancing Gemerincing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Melalui Menghafal Asmaul Husna di MIN 1 Teladan Palembang. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis di MTs Negeri 1 Palembang ,penulis mengamati bahwa proses pembelajaran asmaul husna di MIN I Teladan Palembang masih menggunakan pola lama yaitu ceramah dan mencatat,sehingga terlihat siswa kurang merespon pelajaran yang sedang berlangsung, siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar, hal ini dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat merangsang siswa untuk berpikir sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran . Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode Kancing Gemerincing pelajaran Asmaul Husna di MIN I Teladan Palembang ? Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Kancing Gemerincing pada pelajaran Menghafal Asmaul husna di MIN I Teladan Palembang ? Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas ekspreimen dan kelas kontrol pada pelajaran Menhafal Asmaul Husna di MIN I Teladan Palembang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen Postest Control Group Design , jenis data yang digunakan yaitu jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari guru dan siswa, dan data sekunder bersifat penunjang dalam penelitian ini, adapun alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi,dokumentasi. Dari hasil penelitian di peroleh, siswa tuntas dikelas eksperimen yang tuntas sebanyak 27 orang, siswa kelas kontrol yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan mean 84,3. Hasil Post-test siswa kelas kontrol. Untuk menguji signifikasi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, di gunakan rumus uji “t”dan di peroleh thitung sebesar mean 5,63 perhitungan ttabel dengan membandingkan thitung baik pada taraf signifikan 5% atau pada tarap signifikan 1%: 2,00 < 5,63 > 2,65. Berdasarkan hasil analisis data peneliti ini dapat di simpulkan bahwa Penerapan Metode Kancing Gemerincing pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan Penerapan metode Kancing Gemerincing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran Akidah akhlak materi (al razzaq, al fattah, as syakuur, al mughnii) di MIN I Teladan Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kancing Gemerincing, Asmaul Husna, Postest Control Group Design. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 10 May 2016 08:33 |
Last Modified: | 10 May 2016 08:33 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |