Trinawati, Desi (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA BENDA ASLI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDA’IYAH HIDAYATUSSALIKIN AIR ITAM PANGKALPINANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Desi Trinawati_TarPGMI..pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Di suatu lembaga pendidikan yang bersifat formal seperti Madrasah, keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode maupun media pengajaran. Umumnya, lembaga pendidikan Islam terkhusus guru Matematika harus selalu berorientasi pada penggunaan media yang bervariasi dalam meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Penerapan Media Benda Asli Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan media benda asli pada mata pelajaran Matematika kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media benda asli pada mata pelajaran Matematika kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang? 3) Apakah ada pengaruh penerapan media benda asli terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pada mata pelajaran Matematika kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang? Penelitian ini merupakan Jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas III B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa berdasarkan stratified random sampling. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes (pre-test dan post-test), dan dokumentasi. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus tes “t” untuk sampel kecil yang saling berhubungan. Adapun hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan media benda asli pada mata pelajaran Matematika tergolong baik. Hasil belajar siswa pada pos-test mengalami peningkatan skor mean jika dibandingkan dengan pre-test yaitu 57 (pre-test) meningkat menjadi 72 (post-test). Sedangkan untuk uji perbandingan didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan(t_o = 16,23) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (t_(t.ts.5 %) = 2,06) dan t_(t.ts.1 %) = 2,78) maka dapat diketahui bahwa t_o lebih besar dari pada t_(t ) ; yaitu 16,23>2,78. Jadi, karena t_o lebih besar dari pada t_(t ) maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa ada pengaruh penerapan media benda asli terhadap hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatussalikin Air Itam Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 10 May 2016 09:09 |
Last Modified: | 10 May 2016 09:09 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
View Item |