PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PAI PADA MATERI PUASA DI KELAS VIII SMP NURUL IMAN PALEMBANG (Skripsi)

Sari, Romalavita (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PAI PADA MATERI PUASA DI KELAS VIII SMP NURUL IMAN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru harus pandai memilih metode, model, media, dan strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa lebih aktif dalam berbicara dan lebih percaya diri serta dapat memahami, mencerna, dan mengingat kembali materi yang disampaikan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Twso Stray Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Puasa di Kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang. Adapun masalah dalam penelitian ini yang pertama, Bagaimana Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas Kontrol Yang Tidak Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang?, kedua. Bagaimana Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas Eksperimen Yang Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang? Ketiga. Adakah Perbedaan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas Eksperimen Yang Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray dan Kelas Kontrol yang Tidak Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang? Penelitian ini bertujuan yang pertama, Untuk mengetahui Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Puasa kelas VIII Sebelum Diterapkan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stay Di SMP Nurul Iman Palembang. Yang kedua, Untuk mengetahui Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Puasa kelas VIII Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stay Di SMP Nurul Iman Palembang Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 sebagai sampel. Sedangkan sumber data sekunder adalah hal-hal yang terkait dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis, Dengan df sebesar 70 diperoleh ttabel sebagai berikut (Pada taraf signifikansi 5 % = 2,00), (Pada taraf signifikansi 1 % = 2,65). Karena “t0” = 7,745 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % dan 1 %), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Aktivitas belajar pada kelas control 60% dikategorikan cukup, sedangkan aktivitas pada kelas eksperimen 80% dikategorikan aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan Model Pembelajaran tipe Two Stay Two Stray memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Puasa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe Two Stay Twso Stray, strategi pembelajaran, Aktivitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 02:33
Last Modified: 16 May 2016 02:33
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item