PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG (Skripsi)

Wiyono, Yudi (2016) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI DI MI MA’HAD ISLAMY PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
YUDI WIYONO_TarManPendIsm.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Yudi Wiyono. “Peran Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Administrasi Di MI Ma’had Islamy Palembang”. Skripsi, Palembang: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, 2015. Latar belakang penelitian ini, kepala madrasah dalam kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Dalam hal ini pengelolaan administrasi sekolah merupakan salah satu bentuk peran dari kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan administrasi di MI Ma’had Islamy Palembang. (2) Mengetahui bagaimana faktor-faktor apa yang menghambat dan mendukung kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan administrasi di MI Ma’had Islamy Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang melalui pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel, dan sejenisnya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam mengelola administrasi di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang adalah kepala madrasah sebagai administrator yaitu mengikutsertakan guru-guru dan pihak madrasah dalam pengelolaan administrasi madrasah, baik administrasi kesiswaan, kurikulum, sarana prasarana, keuangan, personalia, maupun administrasi Humas (Hubungan dengan masyarakat). Kepala madrasah mengadakan pengawasan, peninjauan, dan evaluasi kegiatan administrasi. Kepala madrasah sebagai motivasi yaitu memberikan penghargaan, sebagai inovasi kepala madrasah mencontohkan kedisiplinan. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengelola administrasi yaitu biaya operasional yang minim sehingga kurang memenuhi kebutuhan sekolahan, sedikit kesulitan memahami sifat dan perilaku guru, serta kurangnya koleksi buku untuk bahan bacaan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Administrasi, kepemimpinan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 04:11
Last Modified: 16 May 2016 04:11
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item