HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRAKA DENGAN PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA AL-FATAH PALEMBANG (Skripsi)

Alamsyah, Alamsyah (2016) HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRAKA DENGAN PENANAMAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA AL-FATAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan seperangakat pengalaman belajar memiliki nilai-nilai manfaat bagi penanaman kepribadian siswa. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler adalah Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, efektif, dan psikomotor. Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif. Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler paskibraka dengan penanaman kedisiplinan siswa di MA Al-Fatah Palembang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah, observasi, Angket, dan metode dokumentasi untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan angket tentang indikator kegiatann ekstrakurikuler paskibraka yang diikuti siswa MA Al Fatah dan angket tentang indikator penanaman kedisiplinan siswa. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, Pertama, kegiatan ekstrakurikuler paskibraka yang diikuti siswa MA Al Fatah Palembang dapat dikategorikan sedang, terbukti dari 32 orang siswa sebagai responden terdapat 19 orang atau 59% menyatakan sedang, dikategorikan sedang karena kegiatan ekstrakurikuler sudah mampu mengembangkan sumberdaya manusia (siswa) untuk mengembangkan aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik. Kedua, penanaman kedisiplinan siswa di MA Al Fatah juga tergolong sedang hal ini dibuktikan dari hasil angket yang telah disebarkan, dan didapatkan 20 orang atau 62% yang menyatakan sedang, karena kegiatan ekstrakurikuler paskibraka memberikan kontribusi terhadap penanaman kedisiplinan siswa sebagai wujud manusia seutuhnya sebagai salah satu unsur tujuan Pendidikan Nasional yang termaktub UU Sistem Pendidikan Nasional. Ketiga, Ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler paskibraka dengan penanaman kedisiplinan siswa di MA Al Fatah Palembang, dengan perhitungan hasil korelasi product momentnya sebesar 0,3787 jika dikonsultasikan dengan table distribusi t (t tabel) maka pada taraf signifikansi 5% adalah 0,349 dan pada taraf signifikansi 1 % adalah 0,449. Ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler paskibraka dengan penanaman kedisiplinan siswa mempunyai hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler paskibraka mempunyai hubungan yang positif dengan penanaman kedisiplinan siswa di MA Al Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, product moment, metode dokumentasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 04:55
Last Modified: 16 May 2016 04:55
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item