KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA MUHAMMADIYAH 1 BUKIT KECIL PALEMBANG (Skripsi)

Karim, Abdul (2016) KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA MUHAMMADIYAH 1 BUKIT KECIL PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ABDUL KARIM_TarPai.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana kemampuan guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Muhammadiyah 1 Bukit Kecil Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan di sekolah MA Muhammadiyah 1 Bukit Kecil Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu peneliti hanya menggunakan fakta-fakta yang terjadi secara sistematis, kemudian penulis analisis menjadi sebuah tulisan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yakni yang menekankan pada penemuan data atau dalam bentuk data berupa keterangan subjek, kalimat-kalimat dan bukan angka. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah guru Pendidikan agama Islam yang mengajar MA Muhammadiyah 1 Bukit Kecil Palembang yang berjumlah tiga orang, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah dan siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, kemampuan guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tergolong tinggi tercermin pada pertimbangan baik guru dalam menentukan metode, guru memberikan petunjuk kepada siswa tentang bagaimana cara diskusi yang baik, guru menengahi dan meluruskan ketika terjadi penyimpangan dari masalah yang didiskusikan, guru menengahi apabila dalam diskusi terjadi perdebatan, guru selalu menjaga agar diskusi tidak hanya didominasi oleh peserta diskusi yang pintar bicara saja, guru memotivasi siswa yang pendiam dan pemalu agar berani mengeluarkan pendapatnya, guru membantu dan menjawab dari pertanyaan yang tidak bisa ditembus dan dijawab oleh para peserta diskusi. Kedua, faktor-faktor guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di MA Muhammadiyah 1 Bukit Kecil Palembang terbagi menjadi dua faktor, faktor pengambat guru menerapkan metode diskusi meliputi perbedaan karakteristik atau perilaku siswa dan terbatasnya jam pelajaran pendidikan Agama Islam. Sedangkan faktor pendukung guru menerapkan metode diskusi meliputi fasilitas ruangan dan perlengkapan belajar yang lengkap, situasi dan kondisi lingkungan yang tenang saat diskusi berlangsung dan latar belakang pendidikan guru itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode diskusi, kemampuan guru, pendidikan agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 06:34
Last Modified: 16 May 2016 06:34
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item