PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AZIZAN PALEMBANG (Skripsi)

Sara, Yuni (2016) PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AZIZAN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
YUNI SARA_TarPGMI.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Sripsi ini membahas tentang Penerapan Model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Alasan peneliti ingin membahasa masalah ini karena siswa kurang berfarsitifasi dalam mengikuti pembelajaran, dan guru dalam menggunakan model bervariasi dan haya menggunakan model pembelajaran yang konvensional, seperti ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penerapan model Take and Give dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Azizan Palembang?. 2. Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah di terapkannya model take and give kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Azizan Palembang?Jenis penelitian adalah Penelitian Pre Eksperimental Design dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang yang berjumlah 12 Orang, dengan demikian yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang yng berjumlah 12 orang responden sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sehingga alat pengumpulan data nya adalah observasi,wawancara,tes dan dokumentasi, rumusan untuk analisis data memakai tes “t” atau uji t. dalam keadaan dua sampel yang di teliti merupakan sampel kecil ( N kurang dari 30 ).Hasil dari penelitian menunjukkan dari hasil penerapan tanpa menggunakan model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) tergolong rendah, dan dengan menggunakan model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan Model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi surah Al-Lahab, terlhat secara signifikan meningkat atau lebih baik di bandingkan dengan tanpa menggunakan model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE). Hal ini terliaht berdasarkan hasil analisis data dengan membandingkan besarnya “t” yang kita perolah dalam perhitung t_o= 10,589 dan besarnya t yang tercantum pada table “t” tt.ts.5% = 2,18 dan tt.ts. 1% = 3,06) maka dapat diketahui bahwa t_olebih besar dari pada tt ; yaitu 2,18<10,859>3,06.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: TAKE AND GIVE, meningkatkan hasil belajar, Al-Qur’an Hadist.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 08:05
Last Modified: 16 May 2016 08:05
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item