EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD PADA MATERI READING TEXT KELAS V DI SD N 182 PALEMBANG (Skripsi)

Pertiwi, Wulandari (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD PADA MATERI READING TEXT KELAS V DI SD N 182 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Reading Aloud Pada Materi Reading Text Kelas V Di SD N 182 Palembang”.Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam melafalkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris sehingga menyebabkan siswa beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode reading aloud pada materi reading text kelas V di SD N 182 Palembang, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode reading aloud pada materi reading text kelas V di SD N 182 Palembang. Dalam penelitian ini penulis mengambil subjek penelitian pada kelas V di SD Negeri 182 Palembang yang berjumlah 45 siswa, yang mana siswa di kelas V ini mengalami kesulitan membaca kata atau kalimat dalam bahasa Inggris.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode reading aloud pada materi reading text dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode reading aloud. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi.Observasi digunakan untuk mengamati kemampuan pronunciation siswa.Tes digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.Angket digunakan untuk mendapatkan data mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode reading aloud.Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sejarah perkembangan SD N 182 Palembang, keadaan guru dan siswa, serta keadaan sarana dan prasarana yang ada di SD N 182 Palembang. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik deskriptif kualitatif yaitu menguraikan menggambarkan dan menjelaskan data yang didapat dari hasil penelitian kemudian diambil kesimpulan sebagai hasil dari analisis.Sedangkan teknik deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus test “t”. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode reading aloud terbukti dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan dapat meningkatkan kemampuan pronunciation siswa dalam melafalkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Metode Reading Aloud, Reading Text.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 17 May 2016 04:41
Last Modified: 17 May 2016 04:41
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item