Nadhiroh, Sri (2016) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ASHRIYAH SIMPANG SARI KECAMATAN LAWANG WETAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN (MUBA) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
SRI NADHIROH_TarPai.pdf Download (634kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin”. Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini yakni sebagaimana halnya tujuan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin adalah untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman siswa tentang Agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa pada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi masyarakat bangsa dan Negara serta melanjutkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, idealnya siswa yang sudah mendapat pengetahuan Agama di tingkat Madrasah berada dalam interaksi edukatif yang terkelola dengan baik serta dapat dikembangkan secara optimal untuk mewujudkan tujuan PAI yang luhur itu. Rumusan Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1). Bagaimana Pola Interaksi Edukatif antara Guru Fiqh dan siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin? (2). Bagaimana Prestasi Belajar Mata pelajaran Fiqh Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin? (3). Bagaimana Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin? Metodologi Penelitian sebagai berikut: Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa, yang diambil dari kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka akan diadakan analisis dengan statistik, yaitu: mean, standar deviasi, TSR dan persentase. Untuk menganalisis pengaruh antar variabel diawali dengan tabulasi silang, Kai Kuadrat dan Korelasi Koefisien Kontingensi. Kesimpulan hasil dalam penelitian ini adalah: Pertama, interaksi edukatif peserta didik dan guru pendidikan agama Islam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin, berada pada katagori “tinggi”, yakni sebanyak 18 orang siswa (90%) dari 20 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, dengan indikator hubungan antara siswa dan guru Fiqh sudah terjalin dengan baik. Hal ini terlihat pada sikap siswa yang selalu sopan, patuh dan hormat pada gurunya, taat pada tata tertib sekolah, sadar akan hak dan kewajibannya. Kedua, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari berada pada katagori “tinggi”, yakni sebanyak 18 orang siswa (90%) dari 20 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, dengan indikator siswa tidak hanya mengerti dan berprestasi dalam mata pelajaran Fiqh dari aspek kognitif/pengetahuan saja, akan tetapi dari segi afektif/sikap maupun psikomorik/keterampilan mereka berprestasi. Hal ini terlihat dengan jelas dari pengamalan siswa terhadap pelajaran yang disampaikan gurunya untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ashriyah Simpang Sari Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA)”. Berdasarkan analisa hasil statistik, ternyata Ø (0,247) adalah jauh lebih besar dari pada rt, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. 0,444 > 0,247 < 0,561.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Edukatif, keyakinan, Agama Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 17 May 2016 07:25 |
Last Modified: | 17 May 2016 07:25 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |