Riana, Eka Ana (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI TAUHID ULUHIYAH DAN RUBUBIYAH DI MTS PARADIGMA PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih metode, model, dan strategi yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar atau materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah memahami, mencerna, dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru dan menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan mampu memilih media yang sesuai dengan modalitas ataupun gaya belajar yang dimiliki tersebut. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi tauhid uluhiyah dan rububiyah kelas VII sebelum menggunakan metode pembelajaran Team Game Turnament di MTS Paradigma Palembang. Bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah digunakan metode pembelajaran Team Game Turnamentpada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi tauhid uluhiyah dan rububiyah kelas VIIdi MTS Paradigma Palembang, serta bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi tauhid uluhiyah dan rububiyah kelas VII sesudah menggunakan metode pembelajaran Team Game Turnament di MTS Paradigma. Jenis penelitian ini adalah peneilitian kuantitatif eksperimen, Jenis dan sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu : Pertama, aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Team Game Turnamentdi kelas VII MTS Paradigma Palembang pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi tauhid uluhiyah dan rububiyah tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 11 siswa (37 %). Kedua, aktivitas belajar siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran Team Game Turnament di MTS Paradigma Palembang pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi tauhid uluhiyah dan rububiyah juga tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 18 siswa (60 %). Penerapan Metode Pembelajaran Team Game Turnament terdapat perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa t0= 15,187 lebih besar dari tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Game Turnament dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di MTS Paradigma Palembang sudah memperlihatkan hasil yang lebih baik dan berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Game Turnament, tauhid uluhiyah dan rububiyah, metode, model, dan strategi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 18 May 2016 04:57 |
Last Modified: | 18 May 2016 04:57 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/602 |
Actions (login required)
View Item |