Aristiyani, Agnes (2016) PENERAPAN METODE LAUHUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL-KAFIRUN PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL (KETERAMPILAN IBADAH) DI KELAS VIII SMP NURUL IMAN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode Lauhun Terhadap Kemampuan Menghafal Surat al-Kafirun Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal (Keterampilan Ibadah) di Kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang, pada materi menghafal Surat b al-Kafirun Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan menghafal kelas eksperimen yang menerapkan metode lauhun, bagaimana kemampuan menghafal kelas kontrol yang tidak menerapkan lauhun, Apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan menghafal surat al-kafirun di kelas eksperimen yang menerapkan metode lauhun dan kelas kontrol yang tidak menerapkan metode lauhun di SMP Nurul Iman Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik post-test only control group design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 anak, dan kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di SMP Nurul Iman Palembang. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses belajar dalam pembelajaran Lauhun pada sub pokok bahasan menghafal surat al-kafirun. Dan metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan menghafal peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan metode lauhun sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: Kemampuan Menghafal siswa pada mata pelajaran muatan lokal di kelas kontrol yang tidak diterapkan metode lauhun yang berjumlah 36 siswa memperoleh nilai rata-rata 75, dengan nilai yang tertinggi yaitu 90 dan nilai yang terendah yaitu 55 serta standar deviasi 6,45 Kemudian hasil menghafal siswa pada mata pelajaran muatan lokal di kelas eksperimen yang diterapkan dengan metode lauhun yaitu memperoleh nilai rata-rata 85, dengan nilai yang tertinggi yaitu 100 dan nilai yang terendah yaitu 68 serta standar deviasinya adalah 7,05 dengan rincian 2,02 < 7,951 > 2,71 baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Lauhun, Kemampuan Menghafal, teknik post-test only control group design. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 19 May 2016 01:39 |
Last Modified: | 19 May 2016 01:39 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |