PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI BAGI ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN TUNANETRA (SLB-A) PANTI REHABILITASI PENYANDANG CACAT NETRA (PRPCN) PALEMBANG (Skripsi)

Rachma, Dian Nurbaiti (2016) PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI BAGI ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN TUNANETRA (SLB-A) PANTI REHABILITASI PENYANDANG CACAT NETRA (PRPCN) PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DIAN NURBAITI RACHMA_AdabIlmPerp.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Dian Nurbaiti Rachma dengan judul peranan perpustakaan sekolah luar biasa dalam menumbuhkan kemampuan literasi informasi bagi anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra (SLB-A) Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (PRPCN) palembang. Literasi informasi di sebut juga dengan melek informasi. Yakni kesadaran akan kebutuhan informasi seseorang, mengidentifikasi, pengaksesan secara efektif efisien, mengevaluasi, dan menggabungkan informasi secara legal ke dalam pengetahuan dan mengkomunikasikan informasi itu. Dengan kesadaran ini akan mendukung perkembangan proses pembelajaran sepanjang hayat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran perpustakaan Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra (SLB-A) Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (PRPCN) Palembang dalam menumbuhkan literasi informasi bagi anak tunanetra dan kendala apa saja yang dihadapi perpustakaan Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra (SLB-A) Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (PRPCN) Palembang dalam menumbuhkan literasi informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang, sedangkan 2 orang yaitu kepala sekolah dan petugas perpustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan perpustakaan dalam menumbuhkan literasi informasi harus memiliki ruangan khusus yang bersih dan nyaman, mengatur seting duduk sebaik mungkin, dilengkapi dengan komputer dan alat audio, mengadakan program secara berjadwal, bekerja sama dengan guru dalam menggunakan sumber yang ada di perpustakaan sekolah. Perpustakaan yang ada di sekolah tersebut sangatlah penting, buku-buku yang ada pada saat ini telah cukup, dan dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan siswa. Mengenai baik tidaknya dalam pemanfaatan perpustakaan tersebut, tergantung dengan individu masing – masing sebagai pengguna. Dan kendala-kendala di hadapi perpustakaan Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra (SLB-A) Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (PRPCN) Palembang dalam Menumbuhkan Literasi Informasi yaitu kurangnya motivasi siswa, sumber daya manusia, sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi, PRPCN, peran perpustakaan.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 19 May 2016 03:09
Last Modified: 19 May 2016 03:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item