UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SURAH PENDEK PILIHAN QS. AN-NASHR DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi)

Afni, Nur (2016) UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SURAH PENDEK PILIHAN QS. AN-NASHR DENGAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I,II,III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PAI yang selama ini di sampaikan dengan menggunakan Metode Ceramah, belajar kelompok saja ternyata tidak menghasilkan pemahaman yang maksimal terhadap materi pelajaran. Berangkat dari kenyataan ini, maka penulis ingin melakukan perbaikan yang dalam hal ini mengganti Metode Ceramah dengan Metode (Make A Match) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan tindakan kelas atau disebut Penelitian Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 5 Gelumbang, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim Tahun ajaran 2014/2015. Sesuai dengan ketentuan dalam penulisan penelitian adalah siswa, kelas dan mata pelajaran yang memang diampu oleh guru yang bersangkutan. Siswa yang dijadikan objek penelitian adalah sebanyak 27 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Mata pelajaran yang menjadi fokus penelitian adalah mata pelajaran PAI Sekolah Dasar, karena penulis memang merupakan guru mata pelajaran PAI di Sekolah dasar, dalam penerapan Metode Make A Match ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Gelumbang, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan melalui dua siklus. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Penggunaan metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan aktivitas belajar siswa-siswi dalam membaca dan menulis Al-Qur’an surat pendek pilihan QS. An-Nashr pada siswa-siswi Sekolah Dasar, terutama pada siswa SD Negeri 5 Gelumbang, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Penggunaan metode Make A Match terbukti mampu menarik perhatian siswa-siswi SD Negeri 5 Gelumbang untuk membaca dan menulis surah pendek pilihan terutama surah An-Nashr ayat 1-3, sehingga kreativitas siswa dalam belajar membaca dan menulis Al-Qur’an surah pendek pilihan tidak membosankan. Semakin besar persentase dan nilai rata-rata siswa di lihat dari dua siklus dalam penelitian selalu menunjukkan adanya peningkatan dan persentase kemampuan siswa dalam belajar juga meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, kreativitas, PAI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 19 May 2016 04:16
Last Modified: 19 May 2016 04:16
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item