PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG (Skripsi)

Wahyuni, Tri (2016) PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil belajar siswa, karena melalui prestasi belajar, hasil belajar dapat diketahui. Meningkatkan berpikir kreatif siswa guna meraih prestasi belajar dalam pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang dapat diikuti oleh siswa. Dari hasil belajar tersebut, dapat dikatakan bahwa pemahaman siswa terhadap Sejarah Kebudayaan Islam masih kurang. Dengan demikian, penelitian perlunya penerapan metode pembelajaran yang baru. Metode yang perlu digunakan tidak lepas dari keterampilan yang dimiliki oleh guru. Keterampilan bertanya dasar yang diterapkan oleh guru dalam mengajar diharapkan dapat menjadikan siswa lebih aktif dan bersosialisasi terhadap sesamanya. Proses bertanya bukan hanya faktor kecerdasan anak yang dapat mempengaruhi anak dalam berbicara. Tidak kalah pentingnya adalah faktor mental anak (keberanian),dan bertanya sangat cocok serta layak untuk diterapkan. Permasalahan pada penelitian ini adalah penerapan keterampilan bertanya dasar untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan implikasi penerapan keterampilan bertanya dasar untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa, sedangkan tujuannya untuk mengetahui penerapan keterampilan bertanya dasar dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa, dan mengetahui implikasi penerapan keterampilan bertanya dasar dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV A, guru kelas IV A, guru kelas V A, guru kelas V B, dan siswa kelas IV A. Objek penelitian ini berupa keterampilan bertanya dasar. Penelitian mengambil tempat di kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan bertanya asar untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang, kemampuan atau potensi para guru dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, keadanaan sarana dan prasarana, terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik bagi guru dan pihak sekolah, sedangkan implikasi penerapan keterampilan bertanya dasar untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa sebagian besar siswa mempunyai kemampuan aspek bertanya-tanya, mempunyai rasa keingintahuan yang besar, dapat memahami materi dengan baik, mampu menjelaskan kembali, mempraktikkan materi, dapat mengambil hikmah dengan baik dari hasil proses pembelajaran, sedangkan menerapkan pada kehidupan sehari-hari seluruh siswa belum mampu mempraktikkanya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bertanya, implikasi, deskriptif Informan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 May 2016 01:48
Last Modified: 20 May 2016 01:48
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item