HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERCELA DI SMP PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG (Skripsi)

Jayanti, Selvina (2016) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERCELA DI SMP PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang penting dalam perkembangan pendidikan siswa pada masa sekarang ini, dengan adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan bisa membantu dalam pengontrolan moral dan tingkah laku siswa. Selain itu, dengan adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan siswa dapat mengimplementasikan materi-materi yang di dapat di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat begitu pentingnya pemahaman akan materi Pendidikan Agama Islam, maka tingkat pemahaman siswa harus menjadi prioritas diantara mata pelajaran lain. Oleh karena itu guru harus mampu dalam menyampaikan materi atau mampu memotivasi siswa agar tertarik untuk belajar Pendidikan Agama Islam. Namun kadangkala penyampaian materi dengan metode konvensional masih belum dimengerti oleh siswa dan banyaknya siswa yang belum aktif dalam mengikuti pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kurang terjalinnya interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa di SMP Patra Mandiri 1 Palembang yang tentunya akan menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang ? Bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang ? Apakah terdapat hubungan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela kelas VIII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang ? Metodologi dalam penelitian ini : penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk eksperimen dengan populasi yakni semua siswa kelas VII, VIII, IX. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik random sampling yang mana penulis mengambil kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dan teknik analisa data yaitu menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dalam skripsi ini yaitu perbandingan rxy diperoleh 0,836 sedangkan rt pada taraf signifikan 5% = 0,381 dan pada taraf signifikan 1% = 0,487. Dengan demikian karena rxy lebih besar dari rt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% maka hipotesis nihil ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima atau disetujui. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran koooperatif tipe inside outside circle dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: materi akhlak tercela, tipe inside outside circle, aktivitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:54
Last Modified: 08 Jun 2016 01:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item