PENGGUNAAN MEDIA SKETSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG (Skripsi)

Yanti, Merri (2016) PENGGUNAAN MEDIA SKETSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Media Sketsa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini jarang menggunakan media dalam proses belajar mengajar dan media Sketsa tidak pernah digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan media sketsa untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media sketsa serta untuk mengetahui penggunaan media sketsa dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan media sketsa dan sesudah menggunakan media sketsa pada mata pelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Dan Apakah penggunaan media sketsa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Penelitianini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yaitu kelas IVA yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama hasil belajar siswa pada proses pelaksanaan penggunaan media sketsa sangat meningkat yaitu dapat dilihat dengan meningkat nya hasil belajar siswa setelah digunakannya media sketsa.Dengan demikian bahwa penggunaan media sketsa yang telah diterapkan di kelas IVA sangat signifikan dengan hasil belajar siswa. Kedua Penggunaan media sketsa dapat meningkatkan hasil belajar IPA, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan t yaitu: perhitungan (to = 19,58) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,06 dan ttts1% = 2,79) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,06 <19,58> 2,79. Karena to lebih besar dari pada tt maka adanya perbedaan nilai tes hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media sketsa pada mata pelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan, merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang menyakinkan (signifikan). Dan berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa penggunaan media sketsa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Sketsa, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, pendekatan kuantitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:50
Last Modified: 08 Jun 2016 03:50
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item