Si Fitri, Rhama (2016) IMPLEMENTASI PRINSIP MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I skripsi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II skripsi.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III skripsi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV skripsi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V skripsi.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Prinsip Multiple Intelligences Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Adapun prinsip Multiple Intelligences pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan prinsip Multiple Intelligences pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? 2) Apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan prinsip Multiple Intelligences pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sehingga dengan teknik analisis data kuantitatif yaitu menguraikan data-data yang dapat dihitung dengan angka-angka menggunakan rumus tes “t”, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajr siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang sebelum digunakan prinsip Multiple Intelligences yaitu tergolong tinggi (baik) sebanyak 3 orang siswa (12%) kategori tinggi (nilai di atas 76,74), tergolong sedang sebanyak 15 Orang siswa (60%), siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai antara 37,6 sampai 76,74), dan yang tergolong rendah sebanyak 7 Orang siswa (28%), siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai dibawah 37,6). Sedangkan hasil belajar siswa sesudah digunakan prinsip Multiple Intelligences yaitu yang tergolong tinggi (baik) sebanyak 7 orang siswa (28%), siswa kategori tinggi (nilai di atas 94), tergolong sedang sebanyak 16 Orang siswa (64%), siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai antara 74 sampai 94), dan yang tergolong rendah sebanyak 2 Orang siswa (8%), dalam kategori rendah (nilai dibawah 74). Hipotesa alternatif diterima dengan rincian to lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dengan perincian 2.79<-10,64>2.06. berarti adanya perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah digunakan prinsip Multiple Intelligences dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prinsip Multiple Intelligences, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:14 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:14 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/664 |
Actions (login required)
View Item |