PENERAPAN METODE COLLEGE BOWL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi)

Suryani, Nani (2016) PENERAPAN METODE COLLEGE BOWL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pendidikan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode College Bowl. Metode College Bowl sangat cocok untuk digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai alternatif dalam peninjauan ulang materi yang memungkinkan guru untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Judul penelitian ini adalah Penerapan Metode College Bowl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak diterapkan metode College Bowl dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diterapkan metode College Bowl serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak diterapkan metode College Bowl dan yang diterapkan metode College Bowl. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sample. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu X1 yang berjumlah 33 dan X3 yang berjumlah 33. Kelas X1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X3 dijadikan sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini yaitu: hasil belajar siswa yang tidak diterapkan metode college bowl 10 siswa termasuk dalam kategori tinggi 91 keatas dengan persentase 30,30%, 16 siswa termasuk dalam kategori sedang 72-90 dengan persentase 48,49% dan 7 siswa termasuk dalam kategori rendah 71 kebawah dengan persentase 21,21%. Sedangkan hasil belajar siswa yang diterapkan metode college bowl 8 siswa termasuk dalam kategori tinggi 99 keatas dengan persentase 24,25%, 20 siswa termasuk dalam kategori sedang 84-98 dengan persentase 60,6 % dan 5 siswa termasuk dalam kategori rendah 83 kebawah dengan persentase 15,15%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak diterapkan metode College Bowl dan yang diterapkan metode College Bowl. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji “t0” sebelum diterapkan metode = 0,262 karena t hitung lebih kecil dari tt (baik pada taraf signifikansi 5% (2,00) dan 1% (2,65)) maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Sesudah diterapkan metode berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5,016 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% (2,00) dan 1% (2,65), maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan metode College Bowl memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Shalat Berjamaah kelas X di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode College Bowl, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:00
Last Modified: 08 Jun 2016 07:00
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item