PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MASRI PANGKALAN BALAI BANYUASIN III (Skripsi)

Romika, Romika (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MASRI PANGKALAN BALAI BANYUASIN III (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III. Permasalahan penelitian ini adalah : kurangnya kecerdasan emosional guru saat mengajar. Guru kurang memperhatikan karakteristik siswanya, sehingga saat siswa melakukan kesalahan, mereka menghukum siswanya dengan melakukan kekerasan fisik, akibatnya siswa menjadi semakin nakal bahkan berakhlak buruk terhadap guru tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana tingkat kecerdasan emosional guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III?, bagaimana Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III?, bagaimana pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III?. Tujuan peneliaian ini adalah : untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III, untuk mengetahui bagaimana Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mashri Pangkalan Balai Banyuasin III Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini yang menjadi populasi guru MI Al-Masri Pangkalan Balai Banyuasin III yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Dengan demikian yang menjadi objek penelitian ini adalah 21 orang guru dan 21 0rang siswa di MI Al-Masri Pangkalan Balai Banyuasin III. Data kualitatif tentang kecerdasan emosional guru, akhlak siswa. Yang didapat dari penyebaran angket. Sedangkan data kuantitatif tentang jumlah guru, pegawai, siswa dari kelas 1-V1, sarana prasarana. Sumber primer adalah siswa dan guru sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku/literatur dan dokumentasi sekolah. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Terlebih dahulu dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik, yaitu rumus mean, standar deviasi, TSR dan presentase. Untuk menganalisis pengaruh antara variabel diawali dengan tabulasi silang, rumus Kai Kuadrat dan Korelasi Koefisien Kontingensi dan Phi. Hasil penelitian ini adalah : pertama, kecerdasan emosional guru di MI Al-Mashri Pangkalan Blai dalam kategori cukup/sedang, yaitu 14 orang responden (66,66%) yang menyatakan demikian. Kedua, akhlak siswa di MI Al-Masri Pangkalan Balai Banyuasin III adalah dalam kategori sedang/cukup, yaitu 13 orang responden (61,90%) yang menyatakan demikian. Ketiga, ada pemgaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional guru dengan akhlak siswa di MI Al-Masri Pangkalan Balai Banyuasin III. Berdasarkan hasil analisa statistik, bahwa ∅ lebih besar dari rtabel , baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Akhlak Siswa, Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:13
Last Modified: 09 Jun 2016 02:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item