APLIKASI MODEL PEMEBELAJARAN KONTEKSTUAL GURU TERHADAP MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TENTANG SYIRIK DALAM ISLAM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PALEMBANG (Skripsi)

Kurniawan, Rizki (2016) APLIKASI MODEL PEMEBELAJARAN KONTEKSTUAL GURU TERHADAP MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TENTANG SYIRIK DALAM ISLAM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Aplikasi Model Pembelajaran Kontekstual guru terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak Tentang Syirik Dalam Islam Di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi dan hasil dari model pembelajaran kontekstual guru terhadap materi pelajaran akidah Akhlak tentang Syirik dalam Islam di kelas X MAN 2 Palembang. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalag apakah pembelajaran kontektual dalam Akidah Akhlak tentang syirik dalam Islam diterapkan oleh guru dan bagaimanakah hasil pembelajaran kontekstual guru terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak tentang syirik dalam Islam di kelas X MAN 2 Palembang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan lapangan (field research) dengan teknik observasi untuk mengumpulkan data pengamatan terhadap aplikasi pendekatan kontekstual, wawancara digunakan untuk mengetahui bentuk pendekatan kontekstual dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang keadaan sarana dan prasarana, keadaan guru dan administrasi, dan keadaan siswa. Data yang terhimpun kemudian dianalisis dengan meredukasi yakni proses memilih, menyederhanakan dan lain sebagainya, kemudian menyajikan data dan memverifikasi data. Hasil penelitian didapatkan guru menerapkan pembelajaran kontekstual dalam mengajar di kelas X MIA 4 MAN 2 Palembang. Aplikasi pembelajaran kontektual dilihat dari (1) kegiatan umum pembelajaran, yakni guru menghubungkan materi dengan kehidupan nyata seperti guru meminta siswa menuliskan sejumlah aktivitas yang berhubungan dengan syirik di masyarakat, kemudian guru menanyakan penyebab orang melakukan kegiatan tersebut, dan bagaimana solusi untuk mengatasi atau menjauhkan diri dari perbuatan syirik, (2) media pembelajaran guru yakni buku dan papan tulis, (3) teknik pembelajaran dengan membuat diskusi di kelas, dan (4) hasil pembelajaran siswa dapat membuat contohnya, penyebabnya dan solusinya terhadap syirik. Kemudian hasil cek list lembar observasi didapatkan guru membuat pembelajaran mandiri, suasana bekerjasama, dan siswa berpikir kritis dan kreatif. Hasil pembelajaran kontekstual didapatkan dua kompetensi yang dicapai dari meteri syirik yakni; 1) terbentuknya pemahaman yang utuh mengenai perbuatan syirik dalam Islam kepada siswa, 2) terbiasanya diri menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Akidah Akhlak, Syirik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:24
Last Modified: 09 Jun 2016 04:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item