PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH (Studi Eksperimen Di Mts Negeri Tanjung Raja Kab. Ogan Ilir) (Skripsi)

Adi, Adi (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH (Studi Eksperimen Di Mts Negeri Tanjung Raja Kab. Ogan Ilir) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MTs Negeri Tanjung Raja Kab. Ogan Ilir)”. Strategi pembelajaran kreatif produktif merupakan strategi yang dikembangkan dengan mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran inkuiri dan konstruktif yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Dengan diterapkannya hal tersebut, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif ini diharapkan adanya perubahan terhadap motivasi belajar siswa. Kenyataan yang ada di MTs Negeri Tanjung Raja, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran yang digunakan guru di sekolah tersebut cenderung monoton dan membosankan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif dalam meningkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih (Studi eksperimen di MTs Negeri Tanjung Raja Kab. Ogan Ilir). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana motivasi belajar siswa yang tidak diterapkan strategi pembelajaran kreatif produktif di MTs Negeri Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir?, Bagaimana motivasi belajar siswa yang diterapkan strategi pembelajaran kreatif produktif di MTs Negeri Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir?, Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 MTs Negeri Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh t0 sebesar 14,63. Perhitungan t0 dengan membandingkan tt baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,00 < 14,63 > 2,65. Dengan demikian, berarti Ha yang berbunyi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif (X) dengan kelompok yang tidak menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif (Y) dalam pembelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Negeri Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir diterima dan HO ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif, Fiqih, kualitas belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2016 07:07
Last Modified: 09 Jun 2016 07:07
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item