PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERSIKLUS (CYCLE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMAHAMI TATA CARA PUASA KELAS VIII DI SMPN 2 PANGKALAN LAMPAM OKI (Skripsi)

Yanti, Epri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERSIKLUS (CYCLE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMAHAMI TATA CARA PUASA KELAS VIII DI SMPN 2 PANGKALAN LAMPAM OKI (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
EFPRI YANTI_TarPai.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan dan kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarnakan Pelaksanaan proses belajar mengajar di SMPN 2 Pangkalan Lampam OKI, hanya menggunakan Metode ceramah, tanya jawab dan latihan akibatnya siswa tidak terlalu aktif dan lebih sering bermain-main di kelas saat pembelajaran berlangsung. Melalui Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) ini diharapkan agar siswa menjadi lebih termotivasi sehingga semangat siswa dalam belajar dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Memahami Tata Cara Puasa di SMPN 2 Pangkalan Lampam OKI. Kedua, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Memahami Tata Cara Puasa di SMPN 2 Pangkalan Lampam OKI. Ketiga, Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Memahami Tata Cara Puasa di SMPN 2 Pangkalan Lampam OKI. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa berdasarkan Purposive Sampling, 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas data menggunakan rumus uji kai kuadrat, uji homogenitas data menggunakan rumus F hitung = varian besar : varian kecil dan uji hipotesis mnggunakan rumus tes “t”untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) dengan hasil belajar siswa yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Memahami Tata Cara Puasa. Baik pada taraf signifikan5% atau 1% : yaitu: 2,00< 16,27 >2,65. Jadi pada kesimpulannya bahwa Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning), kelas VIII lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Oct 2016 04:19
Last Modified: 15 Oct 2016 04:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item