STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MASDARUL ULUM PEMULUTAN (Skripsi)

Benhar, Rayendra (2016) STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MASDARUL ULUM PEMULUTAN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis di MA Masdarul Ulum Pemulutan. Penulis mengamati bahwa proses pembelajaran fiqih di MA Masdarul Ulum Pemulutan, terlihat pada saat siswa mengikuti proses pembelajaran. Siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, hal ini tentu saja dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran maka penulis ingin melakukan eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Probing-Prompting. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diajar model pembelajaran Probing-Prompting pada mata pelajaran fiqih di MA Masdarul Ulum Pemulutan?, Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting pada mata pelajaran fiqih di MA Masdarul Ulum Pemulutan?, Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Masdarul Ulum Pemulutan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design yang dilaksanakan dengan mengadakan kelompok pembanding (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Dan kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X B sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas X A sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 orang siswa. Dari hasil penelitian diperoleh, siswa yang tuntas di kelas kontrol sebanyak 6 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa, siswa yang tuntas di kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, digunakan rumus uji “t” dan diperoleh t_o sebesar 3,98. Perhitungan t_t dengan membandingkan t_o baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,02 < 3,98 > 2,69. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing-Prompting pada kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Dan penerapan model pembelajaran Probing-Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Masdarul Ulum Pemulutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Probing-Prompting, fiqih, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Jun 2016 03:55
Last Modified: 10 Jun 2016 03:55
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item