PENERAPAN METODE ROUND ROBIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Eksperimen Di Kelas X MA Muhammadiyah 1 Palembang) (Skripsi)

Febriani, Diah (2016) PENERAPAN METODE ROUND ROBIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Eksperimen Di Kelas X MA Muhammadiyah 1 Palembang) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA Muhammadiyah 1 Palembang, proses pembelajaran yang seharusnya di sekolah ini adalah guru menggunakan metode pembelajaran salah satunya metode pembelajaran Round Robin yaitu cara belajar siswa yang tujuannya untuk memotivasi, mengaktifkan dan menceriakan suasana kelas sehingga mampu melatih peserta didik berfikir kritis dan kreatif serta memupuk sikap berani pada pesera didik untuk mengemukakan pendapat sehingga hasil belajar akan lebih baik, adapun keadaan faktual yang ditemukan peneliti di sekolah MA Muhammadiyah 1 Palembang, dimana sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional sehingga ketika berlangsungnya proses pembelajaran kebanyakan siswa sedikit yang ikut berpartisipasi dan pasif di dalam kelas. Kemudian hasil belajar siswa MA Muhammadiyah 1 Palembang kelas X yang belum memenuhi nilai rata-rata dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 73. Berangkat dari permasalahan ini maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana hasil belajar siswa pada materi “Ikhlasnya dalam beribadah” mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Muhammadiyah 1 Palembang pada kelas control? Bagaimana hasil belajar siswa pada materi “Ikhlasnya dalam Beribadah” mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Muhammadiyah 1 Palembang pada kelas eksperimen? Apakah ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi “iklhlasnya dalam beribadah” di MA Muhammadiyah 1 Palembang?. Jenis penelitian ini aalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian ini adalah siswa MA kelas X.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 dan siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 33. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dalam bentuk nonequivalent control group design. Analisis instrument yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji “t”. Adapun hasil penelitian sebagai berikut, pertama hasil belajar siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata 57,66 dibulatkan menjadi 58. Kedua hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 73,78 dibulatkan menjadi 74. Dan ketiga penerapan metode round robin pada kelas eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hipotesa alternatif diterima dan disetujui dengan to lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5% dengan perincian 2,00 < 8,820 > 2,65. Selain itu perbedaan juga dapat dilihat dari selisih hasil belajar siswa dari mean (rata-rata) pada kelas eksperimen 74 dan pada kelas kontrol 58. Berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan hasil belajar siswa kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Round Robin, Al-Qur’an Hadits, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Jun 2016 07:19
Last Modified: 10 Jun 2016 07:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item