KINERJA PELAYANAN PRIMA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN REFERENSI DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN (Skripsi)

Tilalia, Herliza (2016) KINERJA PELAYANAN PRIMA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN REFERENSI DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
HERLIZA TILALIA_AdaIlmPerp.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Kinerja pelayanan prima pustakawan pada layanan referensi terhadap kepuasaan pemustaka di Badan Perpustakaan Sumatera Selatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaanan kinerja pelayanan prima pustakawan pada layanan referensi terhadap kepuasaan pemustaka, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja pelayanan prima pustakawan pada layanan referensi terhadap kepuasaan pemustaka dan untuk mengetahui pengaruh layanan prima terhadap kepuasaan pemustaka di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dan studi kepustakawan. Teknik yang dilakukan dengan cara wawancara dilakukan oleh peneliti dengan 1 orang kepala Badan Perpustakaan, 2 (dua) orang Pustakawan Referensi dan 6 (enam) orang Pemustaka Layanan Referensi/ rujukan di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pelayanan prima pustakawan pada layanan referensi di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan sudah cukup baik. Pustakawan yang bertindak sebagai pelayanan yang diberikan sudah cukup membuat pemustaka merasa puas dengan pelayanan yang pustakawan berikan demi terwujudnya pelayanan prima sebuah perpustakaan. Kinerja yang dilakukan oleh pustakawan sesuai dengan tugas masing-masing dan dikerjakan sesuai perintah atasan/ kepala Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Faktor pendukung terlihat dari Sumber daya manusia (SDM) dan koleksi yang sudah memberikan kepuasaan tersendiri untuk pemustaka. Sedangkan faktor penghambat dalam kinerja pelayanan prima pustakawan terlihat dari kurangnya tenaga profesional yang tidak berlatar belakang pendidikan perpustakaan yang mana di layanan referensi sendiri tidak ada pustakawan yang berlatar belakang pendidikan perpustakaan dan pustakawan tersebut hanya mengikuti diklat saja. Dilihat dari pengaruh layanan prima terhadap kepuasaan pemustaka sangat berpengaruh karena bisa dilihat apabila pelayanan prima yang diberikan dengan baik maka kepuasaan pemustaka dapat mendapatkan hasil yang baik juga. Tetapi sebaliknya kalau pelayanan prima tidak baik maka kepuasaan pemustaka tidak baik juga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja pustakawan, referensi, kepuasaan.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Jun 2016 07:27
Last Modified: 10 Jun 2016 07:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item