PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG (Skripsi)

Musyayyadah, Laila (2016) PEMBINAAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Judul yang diambil dari penelitian ini yaitu Pembinaan Kompetensi Guru di MI Hijriyah II Palembang, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembinaan kompetensi guru di MI Hijriyah II Palembang? Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kompetensi guru di MI Hijriyah II Palembang? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kompetensi guru di MI Hijriyah II Palembang dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kompetensi guru di MI Hjriyah II Palembang. Adapun manfaat yang dapat diambil yaitu secara teoritis, penelitian ini berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang pelaksaan pembinaan kompetensi. Secara praktis, ada dua macam sumbangan pemikiran. Adapaun metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu Lokasi Penelitian, Informan Penelitian, dan Jenis dan Sumber Data, sumber data yang digunakan dalam pengambilan informasi yaitu sumber data primer dan skunder, dan tekhnik pengumpulan data yaitu, tekhnik observasi, dokumentasi, wawancara, dan analisis. Dari hasil penelitian, pelaksanaan pembinaan kompetensi guru di MI Hijriyah II Palembang telah dilakukan dengan baik akan tetapi lebih ditingkatkan lagi, kepala Madarsah semaksimal mungkin dalam meningkatkan kualitas kinerja guru dalam menguasai 4 kompetensi guru yaitu: a. kompetensi pedagogik yaitu, Kepala madrasah mengadakan pembinaan dalm pembuatan silabus dan RPP, Sharing dalm pembuatan RPP, Mengarahkan dalam mengambil materi ajar. b. kompetensi kepribadian yaitu, Guru menjadi Motifasi dan fasilitator untuk sesama guru dan murid, dan kepala madrasaha membuat peraturan. c. kompetensi sosial yaitu, Kompetensi ini merupakan kegiatan belajar ini berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan sesama guru, murid, dan msyarakat disekitar sekolahan. d. kompetensi profesional yaitu, mengadakan ”forum sharing” , Mengadakan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), Mengadakan training Rancangan Pembuatan Pembelajaran (RPP). Adapun faktor pendukung dalam pembinaan kompetensi guru yaitu: keterbatasan sarana prasarana dan dana, kurangnya pengalaman, dalam melakukan pembinaan kompetensi, pengawasan yang dilakukan dari berbagai pihak, terutama pengawas (kepala madrasah) terhadap pelaksanaan pembinaan guru. Dan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi pembinaan kompetensi guru yaitu: kesediaan guru menerima pembinaan dari kepala madrasah MI Hijriyah II Palembang, adanya hubungan kekeluargaan diantara guru dengan guru, dan antara guru dengan kepala madarasah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, ilmu pengetahuan, primer dan skunder.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Jun 2016 07:43
Last Modified: 10 Jun 2016 07:43
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item