STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN KHUSUS DALAM MELAYANI MASYARAKAT DI PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA WILAYAH VII PROVINSI SUMATERA SELATAN (Skripsi)

Agustina, Agustina (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN KHUSUS DALAM MELAYANI MASYARAKAT DI PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA WILAYAH VII PROVINSI SUMATERA SELATAN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
AGUSTINA_AdaIlmPerp.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan khusus merupakan koleksi fisik informasi, pengetahuan dan opini yang terbatas pada satu subjek yang berkaitan pada sebuah format tunggal produk infomasi yang dikelola di bawah payung sebuah lembaga yang menyediakan dana untuk kelanjutan hidup perpustakaan serta membawa misi memperoleh, mengorganisasi dan menyediakan akses ke informasi dan pengetahuan guna menunjang tujuan badan induk yang membawahi perpustakaan. Skripsi ini membahas tentang “Strategi Pengembangan Perpustakaan Khusus Dalam Melayani Masyarakat Di Perpustakaan Bank Indonesia Wilayah VII Provinsi Sumatera Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis pengembangan yang ada di perpustakaan Bank Indonesia dalam melayani kebutuhan pemustaka, untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat perpustakaan Bank Indonesia dalam melayani kebutuhan pemustaka. Serta untuk mengetahui strategi dan peran pengelola perpustakaan Bank Indonesia dalam melayani kebutuhan pemustaka. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis- jenis pengembangan yang ada di perpustakaan Bank Indonesia dalam melayani kebutuhan pemustaka yaitu: ada pengembangan dari dalam dan ada pengembangan dari luar.mFaktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu memiliki dukungan penuh oleh Bank Indonesia itu sendiri, memiliki anggaran dana yang banyak serta pihak yang diajak kerjasama cukup kooperatif sedangkan Untuk faktor penghambat perpustakaan Bank Indonesia dalam melayani masyarakat yaitu waktu, dikarenakan sumber daya manusia (SDM) kurang. Kemudian faktor penghambat lainnya yaitu tantangan bagaimana cara perpustakaan Bank Indonesia membuat masyarakat gemar membaca dan berkunjung keperpustakaan. Strategi dan peran pengelola perpustakaan Bank Indonesia dalam melayani kebutuhan masyarakat yaitu dengan melakukan kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan, memanfaatkan koleksi dengan cara bedah buku, edukasi pengguna, memberikan kenyamanan pemustaka, memahami pemustaka, serta menyediakan teknologi informasi dengan cara menyediakan aplikasi CL (Cyberlibrary) yang bisa diakses oleh pustakawan dan pemustaka. Adapun peran pengelola perpustakaannya yaitu untuk melayani kebutuhan pemustaka serta kepala perpustakaan berperan sebagai koordinasi semua kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan Bank Indonesia. Dari semua kegiatan itu mempunyai

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perpustakaan Khusus, metode kualitatif, aplikasi CL (Cyberlibrary).
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:39
Last Modified: 13 Jun 2016 04:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item