PENERAPAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA (Skripsi)

Masuroh, Irma (2016) PENERAPAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
IRMA MASUROH_TarPGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Media Gambar Fotografi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penerapan media gambar fotografi untuk melihat hasil atau perbedaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan media gambar fotografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya? Bagaimana hasil belajar siswa kelas III sebelum dan sesudah diterapkannya media gambar fotografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya? Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas III antara sebelum dan sesudah diterapkannya media gambar fotografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media gambar fotografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittifaqiah Indralaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Pre-Experiment yaitu One Group Pre-test-Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebagai eksperimennya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka dan diperjelas dengan narasi deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Al-Ittifaqiah Indralaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya media gambar fotografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas eksperimen. Penggunaan tes “t” untuk menguji dua sampel dengan penerapan media gambar fotografi terhadap hasil belajar pada siswa MI Al-Ittifaqiah Indralaya menunjukkan bahwa nilai t_0 yaitu 11,619 lebih besar dari nilai t table pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,05 dan t table pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,76. Dengan kata lain 2,05<11,619>2,76 maka hipotesis nihil ditolak. Artinya media gambar fotografi dapat diterapkan pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Fotografi, Hasil Belajar, One Group Pre-test-Post-test Design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:51
Last Modified: 13 Jun 2016 06:51
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item