UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TYPE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V MI AL-HILALIYAH PALEMBANG

WAHYUDI, SLAMET (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TYPE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V MI AL-HILALIYAH PALEMBANG. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SLAMET WAHYUDI_TarKual.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran matematika sangatlah penting diberikan kepada semua siswa mulai dari Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi. Pada dasarnya pelajaran matematika berperan untuk melatih berpikir secara logis, analisis, sistematis, kritis, dan kreatif. Hal tersebut diperlukan agar siswa mampu untuk memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi bagi kelangsungan hidupnya. Dari hasil pengamatan peneliti masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika khususnya dalam memahami konsep operasi pecahan yaitu penjumlahan pecahan. Faktanya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika cendrung dibawah rata-rata KKM hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik perhatian siswa terhadap materi diberikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Hilaliyah Palembang dengan jumlah siswa 20 orang. Siswa laki-laki berjumlah 13 orang dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Hasil peneltian tindakan kelas yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada pelajaran Matematika di MI Al-Hilaliyah Palembang. Sebelum diterapkannya strategi tersebut, baru terdapat 20,00% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh baru mencapai 34,75 masih berada di bawah KKM dengan standar nilai 67,00. Pada siklus I perolehan nilai mengalami peningkatan yang cukup signifikan, nilai rata-rata kelas mencapai 56,50 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM mencapai 55,00% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 73,25 dengan jumlah 90% siswa mencapai nilai KKM secara keseluruhan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) type inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan siswa kelas V MI Al-Hilaliyah Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Type Inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:38
Last Modified: 26 Jul 2016 07:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item