STRATEGI PROMOSI SEBAGAI PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN (Skripsi)

PAHWANI, PAHWANI (2016) STRATEGI PROMOSI SEBAGAI PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN DI BADAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN (Skripsi). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PAHWANI_AdabSKI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Strategi promosi sebagai pemberdayaan perpustakaan merupakan salah satu bentuk usaha perpustakaan untuk menjadikan perpustakaan lebih baik lagi dan membuat masyarakat mengenal akan keberadaan perpustakaan, serta jasa dan layanan apa saja yang terdapat didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu analisis data diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, sehingga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan promosi diperpustakaan Umum Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan? 2) Apa saja kendala perpustakaan dalam melakukan promosi? 3) Bagaimana upaya perpustakaan dalam meningkatkan strategi promosi?. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk strategi promosi dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh perpustakaan serta upaya apa yang dapat dilakukan oleh perpustakaan di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan strategi promosi ini dilakukan dalam berbagai bentuk pelayanan promosi perpustakaan baik cetak maupun non cetak: dalam bentuk iklan (iklan di Radio, di Televisi local dan juga di iklan seperti Koran), dalam bentuk cetak ( brosur, spanduk, dan baliho), dalam bentuk media internet seperti (blog dan media sosial), dalam bentuk suevenir (tas, gelas, dan map) dan juga dalam bentuk kegiatan seperti lomba berpidato, seminar dan juga storytelling. Dan mengenai kendala-kendala yang terdapat di Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan adalah kurangnya sumber daya manusia yang bekerja langsung menangani promosi serta kesiapan masyarakat untuk menerima setiap kegiatan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan. Dan mengenai upaya yang dapat dilakukan oleh perpustakaan sendiri adalah dengan cara selalu memberikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya jasa dan layanan apa saja yang terdapat didalam perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, pemberdayaan perpustakaan, metode kualitatif.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:02
Last Modified: 03 Aug 2016 02:02
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item