MELACAK AKAR PEMBELAJARAN DI HADITS NUSANTARA

DR. MUHAJIRIN, MA, MUHAJIRIN MELACAK AKAR PEMBELAJARAN DI HADITS NUSANTARA. HOLISTIC AL-HADITS EDISI TAHUN 2015. ISSN 2460-8939

[img]
Preview
Text
JURNAL HOLISTIK 2015 Publish Oke.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Living-hadis merupakan suatu bentuk pemahaman hadis yang berada dalam level praksis lapangan. Oleh karena itu, pola pergeseran yang digagas oleh Fazlur Rahman tidak berbeda dengan kajian living-hadis. Apa yang dijalankan di masyarakat kebanyakan tidak sama sesuai dengan misi yang diemban Rasulullah saw., melainkan berbeda sesuai dengan konteks yang ditujunya. Ada perubahan dan perbedaan yang menyesuaikan karakteristik masing-masing lokalitasnya. Pemahaman hadis seperti ini biasanya menggunakan pendekatan kontekstual. Pemahaman terhadap hadis, baik secara tekstual maupun kontekstual, dan kemudian diaplikasikan dalam sebuah tradisi yang berkembang di masyarakat, keduanya bisa dimasukkan dalam kategori living-hadis. Abstract Living-hadis is the comprehension of hadis under the level of practice. Based on this, the shift of what Fazlur Rahman initiates does not differ all the way around from the study of living-hadis. Such comprehensions reflected in the level of practise, however, in some cases do not correspond with how others understand the hadis in question, but more reflect the contexts of different societies, which is to say, the cotextual comprehension. Any textual and contextual comprehension of hadis which is reflected in the level of practice within any society can be regarded to as living- hadis. Kata Kunci: Living-Hadis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email uin@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2016 22:42
Last Modified: 04 Feb 2019 05:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item