PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG.[SKRIPSI]

ENTIN, SUWARTIN (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Entin Suwartin (12210084i) Pdf.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena media dapat membantu menyederhanakan pesan-pesan abstrak yang akan disampaikan kepada siswa sehingga mudah dipahami. Pada proses pembelajaran media sangat erat kaitannya dengan motivasi karena motivasi dapat mendorong siswa untuk memahami pembelajaran dengan baik. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 46 Palembang pada tanggal 25 Agustus 2016, diketahui bahwa tingkat motivasi siswa tergolong rendah karena guru hanya menggunakan papan tulis dan karton sebagai media pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar tersebut, perlu dilakukan penerapan media pembelajaran yang menarik sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dan siswa tidak bosan, yang dalam hal ini peneliti menggunakan aplikasi Autoplay Media Studio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi zakat fitrah dan zakat mal kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen. Jumlah seluruh subjek penelitian sebanyak 80 orang. Data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dikategorikan sedang. Hal ini dapat kita lihat dari hasil penyebaran angket pada 40 orang siswa, siswa yang dikategorikan memiliki motivasi tinggi berjumlah 7 orang (17,5%), yang dikategorikan sedang berjumlah 27 orang (67,5%), dan yang dikategorikan rendah berjumlah 6 orang (15%). Motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dikategorikan sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket pada 40 orang siswa, siswa yang dikategorikan memiliki motivasi belajar tinggi berjumlah 7 orang (17,5%), yang dikategorikan sedang berjumlah 23 orang (57,5%), dan yang dikategorikan rendah berjumlah 10 orang (25%). Setelah dilakukan analisa data, maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa kelas kontrol. Hasil analisis data penyebaran angket dengan menggunakan rumus Uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (1,99 < 7,8 > 2, 64). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh media pembelajaran Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi zakat fitrah dan zakat mal kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:25
Last Modified: 08 Jun 2017 07:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item