APRIANA, ELI (2017) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BAKTERI DI KELAS X SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
ELI APRIANA (12222032).pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi antara guru dengan siswa maupun dengan siswa itu sendiri. Aktivitas yang timbuldari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknya pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi. Salah satu model yang sesuai dengan tujuan di atas adalah dengan menggunakan model group investigation. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model group investigation terhadap motivasi belajar siswa padamateribakteri di kelas X SMA Negeri 5 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X SMA Negeri 5 Palembang yang menggunakan teknik cluster random sampling terdiri dari 330 siswa diambil dua kelas yang dijadikan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas MIA X2 dan MIA X4 dengan jumlah siswa sebanyak 76 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angketmotivasi belajar siswa. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan teknik analisis inferensial. Teknik inferensial digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh modelgroup investigation terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan model group investigationterhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yaitu thitung2,767> ttabel 1,668 dan nilai signifikansi 0,007< 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation; Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 07:37 |
Last Modified: | 09 Jun 2017 07:37 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/868 |
Actions (login required)
View Item |