Analisis Opini Publik Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palembang dalam Rubrik “Lapor Mang Sripo” pada Surat Kabar Sriwijaya Post

Irawan, Purnama (2017) Analisis Opini Publik Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palembang dalam Rubrik “Lapor Mang Sripo” pada Surat Kabar Sriwijaya Post. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PURNAMA IRAWAN 12530064 JURNALISTIK.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Masyarakat, media dan pemerintah memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dimana masyarakat sebagai pelanggan dan pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik serta media sebagai perantara komunikasi di antara keduanya. Karena masyarakat tidak dapat mengeluarkan aspirasi atau pendapatnya secara langsung kepada pemerintah, maka media memberikan halaman khusus surat pembaca dan surat kabar Sriwijaya Post adalah salah satu media cetak yang menyediakan halaman khusus yang menerbitkan opini-opini masyarakat tentang kualitas pelayanan publik yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Palembang khususnya. Opini tersebut berupa pesan-pesan singkat seperti SMS (Send Messege Services) pada halaman kedua dalam rubrik “Lapor Mang Sripo”. Opini yang muncul merupakan masalah-masalah pelayanan yang dirasakan masyarakat yang dapat dinilai melalui bagaimana kecenderungan opini publik terhadap pemerintah kota Palembang tentang kualitas pelayanan publik yang menjadi rumusan masalah penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kualitatif dengan menganalisis isi teks menggunakan pendekatan deskriptif berdasarkan kategorisasi karakteristik opini publik yaitu isi opini, arah opini, konflik atau kontroversi, itensitas opini, volume opini, persistensi, dan kekhasan. Serta kategorisasi pelayanan publik berdasarkan kelompok pelayanan publik. Dalam penelitian ini terdapat 16 judul SMS yang di teliti. Dari ke-16 SMS yang diteliti ditemukan bahwa kecenderungan opini dalam rubrik “Lapor Mang Sripo” pada surat kabar Sriwijaya Post cenderung mengandung isi kritik dan harapan, mengandung arah kontra terhadap pelayanan pemerintah kota Palembang, banyak mengandung konflik dan kontroversi, mengandung volume opini permasalahan yang sangat penting, mengandung itensitas opini pernyataan dan perintah, mengandung persistensi yang berlatar di seluruh wilayah kota Palembang, kekhasan isu yakni pembahasan fasilitas umum dan jasa umum dan kelompok pelayanan publik cenderung kepada pembahasan masalah pelayanan jasa dan pelayanan barang. Dimana kesemua kategorisasi tersebut cenderung kesisi negatif dan dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Pemerintah Kota Palembang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, opini publik, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2017 08:02
Last Modified: 09 Jun 2017 08:02
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item