Pornanda, Werzi Oto (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Werzi Oto Pornanda (12270150).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Think Pairs Share terhadap hasil belajar Siswa Tentang Alat Pernapasan Manusia Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Wathoniyah Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena MI ini jarang menggunakan model dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan model (TPS) dalam kegiatan pembelajaran. Jadi peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan TPS untuk melihat pengaruh hasil belajar sesudah menggunakan model (TPS). Bagaimana pelaksanaan model (TPS) pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia siswa Kelas V di MI Wathoniyah Palembang?Bagaimana hasil belajar siswa kelas Eksperimen yang diterapkan model (TPS) dan hasil belajar siswa Kelas Kontrol yang tidak diterapkan model (TPS) pada mata pelajaran IPA Kelas V di MI Wathoniyah Palembang?Bagaimana pengaruh pelaksanaan model (TPS) terhadap hasil belajar siswa Kelas Eksperimen sesudah diterapkan model (TPS) dan Kelas Kontrol yang tidak menerapkan model (TPS) pada mata pelajaran IPA Kelas V di MI Wathoniyah Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan kontrol dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yaitu kelas V A eksperemen 25 dan kelas V B kontrol 25 orang yang terdiri dari 10 orang lakilaki dan 15 orang perempuan masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, tes (posttest), dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama pelaksanaan Model (TPS) pada mata pelajaran IPA Materi Alat Pernapasan Manusia di Kelas V MI Wathoniyah Palembang dalam kategori baik, hasil ini terlihat dari soal post-tes yang telah di berikan kepada siswa, model pembelajaran ini sangat menarik dan bisa mengaktifkan siswa saat proses belajar. Kedua Hasil belajar siswa kelas eksperimen menerapkan model TPS mendapatkan mean sebesar 82. Sedangkan presentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 3 orang siswa (12%), skor sedang 15 orang siswa (60%), dan skor rendah ada 7 orang siswa (28%), Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan TPS yaitu memperoleh nilai ratarata 67, tergolong tinggi ada 7 orang siswa dengan persentase 28%, tergolong sedang ada 12 orang siswa dengan persentase 48%, dan yang tergolong rendah ada 6 orang siswa sebanyak 24%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil posttest jumlah = 100%, dengan demikian dapat dikategorikan baik. Ketiga Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model (TPS) dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model (TPS) kelas V pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (to = 4,16) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% = 2,01 dan ttts 1% = 2,68) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,01 < 4,16 > 2,68.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 07:41 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 07:41 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
View Item |