PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 LALAN MUSI BANYUASIN.[SKRIPSI]

MISBAHUDIN, MISBAHUDIN (2016) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 LALAN MUSI BANYUASIN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MISBAHUDIN (09221040).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem based learning terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif berbentuk post-test only control design. Penelitian ini mengambil dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen yakni memperoleh pembelajaran problem based learning, dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yaitu memperoleh pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan kognitif matematika kepada siswa. Dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 68,3 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 83,7. Kemudian, Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 3,589 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00 yang berarti thitung > ttabel yaitu 3,589 > 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif penggunaan pendekatan problem based learning terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan problem based learning, kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:50
Last Modified: 11 Jul 2017 04:50
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item