PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG.[SKRIPSI]

NURHIKMAH, SITI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SITI NURHIKMAH (12222102).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu ke penerima pesan. Proses belajar didukung dengan model dan media pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan suatu model pembelajaran yang memotivasi semua siswa untuk aktif dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, bebas mengemukakan pendapat sesuai hasil pemikiran yang mereka dapatkan. Media kartu bergambar termasuk dalam jenis media visual tidak diproyeksikan. Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indera pengelihatan atau hanya mempunyai unsur gambar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Anak yang berhasil dalam belajar adalah yang berhasil mencapai tujuan-tujuan pembelajaran atau tujuan-tujuan instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experimental design dengan desain penelitian posttest only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang berisikan pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata posttest kedua kelompok diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:57
Last Modified: 11 Jul 2017 06:57
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item