PENGARUH TINGKAT MARGIN DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH (STUDI KASUS BMT SURYA BAROKAH KERTAPATI PALEMBANG).[SKRIPSI]

Maisaroh, Siti (2017) PENGARUH TINGKAT MARGIN DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH (STUDI KASUS BMT SURYA BAROKAH KERTAPATI PALEMBANG).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SITI MAISAROH (13190261).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin majunya perkembangan perekonomian saat ini, yang dahulunya Lembaga Keuangan Syariah masih diragukan, kini dengan maraknya kebutuhan ekonomi yang kian meningkat, maka Lembaga Keuangan Syariah seperti Baitul Maal wa Tamwil kini mulai diperhitungkan, karena BMT ini lebih merakyat yaitu kebanyakan untuk para golongan masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi menengah kebawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah di BMT Surya Barokah Palembang.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuesioner. Metode kuesioner adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data tentang pembiayaan murabahah sebagai sampel penelitian. Metode kuesioner pada penelitian ini adalah metode kuesioner likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat margin terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah memiliki pengaruh yang positif signifikan sebesar 0,209 atau 20,9 % yangberarti bahwa tingkat margin mampu mempengaruhi minat nasabah sebesar 20,9%. Sedangkan hasil penelitian kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah memiliki pengaruh yang positif signifikan. Dan hasil penelitian yang dilakukan secara bersama-sama juga memiliki pengaruh yang positif signifikansebesar 0,636 atau 63,6% yang berarti bahwa kualitaspelayanan mampu mempengaruhi minat anggota sebesar 63,6%. Dan hasil penelitian tingkat margin dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif signifikan. Dari hasil yang telah diuji bahwa tingkat margin dan kualitas pelayanan sangat menentukan kualitas dan kuantitas dari pembiayaan murabahah. Karena elemen-elemen tersebut saling berhubungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Margin, Kualitas Pelayanan, Minat Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:09
Last Modified: 12 Jul 2017 02:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item