PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 38 PALEMBANG.[SKRIPSI]

WATI, TRIYA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 38 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRIYA WATI (11221060).pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 38 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain Pretest- Posttest Control Group Design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 38 Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 247 siswa. Dari tujuh kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.5 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.7 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan. Pertemuan pertama peneliti melakukan pretest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Pertemuan kedua sampai ketiga kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pada pertemuan kelima kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis masalah didapat maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 38 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa, sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jul 2017 01:10
Last Modified: 13 Jul 2017 01:10
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item