Sudrajad, Edy (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WAKAF MATA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Pengaruh Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wakaf Mata Pelajaran Al-Islam Kelas X (Sepuluh) di SMA Muhammadiyah 1 Palembang”. Persoalan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, khususnya tekhnologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi pembelajaran. melalui kemajuan tersebut para guru harus dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran saja, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi wakaf mata pelajaran Al-Islam kelas X (sepuluh) di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi pengelolaan wakaf mata pelajaran Al-Islam kelas X (sepuluh) di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas X. Sampel penelitian diperoleh dengan metode random, kemudian sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa kelas X MIA I sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisa data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, menunjukan bahwa hasil pre-test dan post-test pada kelompok eskperimen maupun kontrol berdistribusi normal, karena harga Km terletak antara -1 dan +1 dalam selang (-1< Km < +1). Setelah dilakukan uji homogenitas pada hasil pre-test dan post-test pada kelompok eskperimen maupun kontrol menunjukan bahwa data homogen, Data dikatakan homogen jika nilai Fhitung memiliki signifikansi lebih besar dari taraf kesalahan 5% atau 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan dengan rumus uji-t pada soal post-test diperoleh thitung sebesar 3,528 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan dk=(n1+n2)-2 dengan taraf signifikan 5% yaitu sebesar 2,001. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung > ttabel atau 3,528 > 2,001. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran video interaktif berpengaruh terhadap hasil siswa pada materi wakaf mata pelajaran Al-Islam kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mengajar dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi wakaf mata pelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Video Interaktif, Hasil Belajar, Wakaf. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:35 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 03:35 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/693 |
Actions (login required)
View Item |