UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT DI KELAS V SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 19 AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. (Skripsi)

Sidik, Purnomo (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT DI KELAS V SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 19 AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone Is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi beriman kepada rasul-rasul Allah SWT di kelas V SD Negeri 19 Air Kumbang Kabupaten Banyuasin?. Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi beriman kepada rasul-rasul Allah SWT di kelas V SD Negeri 19 Air Kumbang Kabupaten Banyuasin dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone Is a teacher here. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa V SD Negeri 19 Air Kumbang Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin yang berjumlah 29 orang siswa, dengan pertimbangan kelas V adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa strategi belajar Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 19 Air Kumbang pada mata pelajaran PAI, hal ini dapat di lihat dari : Prasiklus. Sebelum diterapkannya strategi Everyone Is A Teacher Here total nilai siswa pada pratindakan skor total hanya mencapai 1770, kemudian jumlah siswa yang tuntas pada prasiklus yang hanya 9 orang (31%), kemudian nilai rata-rata siswa hanya mencapai 61. Siklus I . Peningkatan total nilai pada siklus I ini adalah naik menjadi 2005, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus I yaitu 20 siswa (68.9%), lalu peningkatan nilai rata-rata, dimana pada siklus I ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai 69.13. Siklus II. Peningkatan total nilai pada siklus II naik menjadi 2310, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus II yaitu 28 siswa (96.5%), lalu peningkatan nilai rata-rata, dimana pada siklus II ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai 79.65. Siklus III. Peningkatan total nilai pada siklus II naik menjadi 2445, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus II yaitu 29 siswa (100%), lalu peningkatan nilai rata-rata, dimana pada siklus II ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai 84.4.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran everyone Is a teacher here, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 02:28
Last Modified: 15 Apr 2016 08:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item